Monday 24 September 2007

Pemuda Katolik Dukung Pelaksanaan Pilgubsu 2008 Berjalan Damai dan Tenteram

Medan (SIB)
Pemuda Katolik Sumut akan mendukung pelaksanaan Pilkada Gubsu 2008 berjalan damai dan tenteram dengan penuh kekondusifan dan mengancam tidak menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2009 kalau tidak memenuhi akuntabilitas publik. Hal itu merupakan Memorandum Kemasyarakat Pemuda Katolik Komda Sumut dalam Rakerda I yang digelar, Sabtu (15/9) di Balai Diklat Keagamaan.
Sejalan dengan dukungan itu, Pemuda Katolik menuntut pemerintah segera mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang tentang calon perseorangan sehingga tidak terjadi kekosongan hukum menunggu revisi dari UU No 23 tahun 2004.
Kekosongan hukum pasca putusan Mahkamah Konstitusi tentang pengambilan calon perseorangan dalam pilkada akan mengundang resiko yang sangat besar dan dapat menimbulkan kerugian yang sangat besar bagi pemerintah daerah khususnya Sumut, karena apabila Pilkada Gubsu dilaksanakan akan menghasilkan produk pilkada yang cacat hukum karena aturan yang dipakai dalam pilkada tersebut jelas tidak dapat dipertanggungjawabkan.
Selain desakan untuk revisi UU No 23 Tahun 2004, Undang-undang Politik juga tidak kalah pentingnya karena kebutuhan untuk itu juga sangat mendesak sebagai dasar pelaksanaan Pemilu 2009. DPR akan terus didesak untuk mempercepat proses lahirnya Undang-undang Politik dengan mempertimbangkan perangkat hukum pemilu 2009 mencerminkan azas akuntabilitas publik dimana harus ada pertanggungjawaban wakil rakyat kepada rakyat sebagai pemilih.
Pemuda Katolik juga mendesak agar kebohongan publik tidak dibiarkan menjadi terlembaga secara berkesinambungan melainkan ada upaya penghilangan dan dilakukan seefektif mungkin melalui mekanisme pemilu yang tepat.
Rakerda Pemuda Katolik yang berlangsung selama 2 hari diikuti 17 cabang Pemuda Katolik Sumut, berakhir Minggu (16/9) pagi yang ditutup oleh Ketua Pemuda Katolik Komda Sumut, Ir Oloan Simbolon didampingi Sekretaris Johannes Naibaho dan Drs Pangihutan Rumapea sebagai pimpinan sidang penutupan. (M15/l)

http://hariansib.com/2007/09/17/pemuda-katolik-dukung-pelaksanaan-pilgubsu-2008-berjalan-damai-dan-tenteram/



No comments: